Menyongsong Tahap Lepas Landas Pembangunan dengan Tuntunan Nabi Muhammad SAW

UUD 1945 dijadikan sebagai landasan berpikir keindonesiaan begitupun Pancasila.

Agama hadir digunakan sebagai bentuk kepercayaan manusia bentuk kepercayaan ini hadir sebagai sumber jawaban dari berbagai pertanyaan yang hadir pada diri manusia dari mulai pertanyaan tentang hadirnya manusia, tujuan, oleh siapa kita hadir dan berbagai macam pertanyaan lainnya.

Setiap kegiatan, kejadian dan bentuk pergerakan manusia tidak lepas dari makna didalamnya namun segala itu perlu adanya perenungan, dan kesadaran yang utuh. Hadirnya agama juga sebagai sumber kebahagian, bahkan dengan kesadaran akan segala bentuk perilaku kita dan sadar akan semua yang ada pada diri kita memiliki makna yang dapat membuat kita bahagia, kesadaran inilah yang coba dihadirkan oleh sang penulis agar bisa mendapatkan sugesti positif. Sugesti postivif inilah yang diharapkan hadir dalam setiap muslim.

Dan perlu kita sadari kembali bahwa setiap manusia itu terlahir dalam keadaan hanif(kebenaran), dihadirkan juga dhomir yang akan selalu mengarahkan kepada kebaikan. Namun yang perlu kita ketahui inti dari atau tujuan dari kebenaran adalah terciptanya kemaslahatan umat untuk semua makhluk. Manusia harus sadar yang tercipta dalam keadaan hanif sehingga upaya dan usaha selalu kepada satu titik itu, tentu manusia dengan kedhaifannya yang selalu berbuat bathil, fasad, dan keegoisannya harus disadari pula, ketika menyadari kedua ini upaya kita akan tertuju atas fitrahnya manusia dalam keadaan hanif dan selalu evaluasi diri karna kemungkinan-kemungkinan karen sifat dhaifnya manusia.

Manusia dengan sifat hanifnya harus berani mengajukan setiap gagasan namun harus dapat menerima setiap gagasan dari orang lain karena sifat kedhaifan manusia.

**

Penulis : Irhas Abdul Hadi (Anggota Dema Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bidang Sosial dan Politik)

Recommended For You

About the Author: HMI Komfakdisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *